Share

Teknologi untuk mendeteksi kebakaran hutan terbilang makin canggih. Baru-baru ini, Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas berencana memasang kamera thermal dan satelit mini untuk mendeteksi api.

Menurut General Manager Forest Fire Management APP Sinar Mas Sujica Lusakaerangkat, kedua perangkat tersebut akan diterapkan di wilayah konsesi Riau dan sekitarnya. "Tower untuk pe-nya sudah ada, nanti yang akan kami bangun dan dilengkapi juga thermal camera," ujarnya, Senin (18/7/2016).

Dengan kamera thermal tersebut, Sujica menjelaskan, pengawas bisa dimudahkan untuk mendeteksi titik-titik api (hot spot) di setiap distrik. Software untuk sistem thermal tower akan selesai pada awal Agustus, dan konstruksinya akan dimulai setelah software itu siap.

Tak hanya itu, sistem akan mulai dilengkapi dengan teknologi satelit mini dari Jepang. Kelebihan satelit mini ini, menurut Sujica, adalah dalam hal akurasi dan efisiensi dalam manajemen penanganan kebakaran hutan dan lahan. Selain itu, satelit juga menyertakan foto lokasi secara real time selama 24 jam.

Sujica juga menambahkan, laporan hot spot dari perangkat-perangkat tersebut akan diteruskan ke komando distrik dan unit provinsi untuk kemudian ditindaklanjuti dengan verifikasi di lapangan hingga penanggulangan.

Untuk diketaui, total lahan konsesi APP Sinar Mas di Riau mencakup 900 ribu hektare. "Jadi, deteksi dengan thermal kami itu dalam hitungan dua menit sudah masuk laporannya ke sistem, dan unit terkecil kita di distrik langsung bergerak," tuntasnya.

#Businness  #Article

Related Articles

News Card image cap
  desy  31 March 2019
 31 March 2019
Access Control Card image cap
  denny  3 November 2020
 3 November 2020
News Card image cap
  andri  28 February 2020
 28 February 2020
© 2019 Indo Security System. All Rights Reserved.