Share

Costech atau Komisi Sains dan Teknologi di Tanzania sejak 2017 telah melakukan lusinan penerbangaan drone untuk mengantar obat-obatan dan darah ke Ukerewe, pulau terbesar di negara tersebut bekerjasama dengan Wingcopter dan DHL Deutsche Post AG. Rencananya, pengiriman perlengkapan medis juga bisa dilakukan hingga ke tempat-tempat terpencil di Tanzania.

"Kami dapat memberikan anti-racun kepada petani yang telah digigit ular dan membutuhkan perawatan medis dengan cepat untuk menghindari amputasi anggota tubuh atau bahkan kematian," kata George Mulamula, Kepala Proyek di Costech. Tahap berikutnya, katanya, adalah mengamankan dana untuk meningkatkan muatan medis drone menjadi 45 kilogram (99 pon) dari 6 kilogram dan memperluas jangkauan mereka ke lebih dari 80 pulau Tanzania di danau terbesar di Afrika.

Ini adalah proyek yang mungkin disambut secara khusus di Tanzania, yang dua kali ukuran California dan rumah bagi sekitar 57 juta orang. United Nations Children Fund mengatakan proporsi pengeluaran pemerintah untuk sektor kesehatan telah menurun selama lima tahun terakhir dan masih kekurangan dana untuk kebutuhan penyediaan layanan dasar. Malaria, HIV/AIDS dan TBC adalah ancaman kesehatan utama.

"Saya tahu tempat-tempat di Tanzania yang sangat jauh sehingga Medical Stores Department (MSD) yang dikelola negara memerlukan waktu beberapa hari untuk mengirimkan pasokan medis," kata Syriacus Buguzi, seorang dokter dan advokat kesehatan masyarakat di ibukota Dar es Salaam, yaitu sekitar 800 kilometer (500 mil) dari danau.

"Pada akhirnya, kehidupan manusia ditransformasikan melalui pengiriman obat-obatan dan pasokan medis yang tepat waktu dengan drone," katanya, menyambut dampak potensial dari drone.

Sejauh ini, proyek tersebut telah menerima danai € 150.000 dari Deutsche Gesellschaft untuk Internationale Zusammenarbeit GmbH, atau GIZ, atas nama Kementerian Federal Jerman untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan, yang kemudian mengontrak GIZ dan Costech untuk menjalankan proyek.



Pada fase uji drone, ketika petugas medis lokal di pulau Ukerewe menerima pasien yang membutuhkan bantuan, seperti korban gigitan ular atau ibu hamil yang membutuhkan darah, mereka mengirim pesan teks ke rumah sakit rujukan di wilayah Mwanza. Perawatan kemudian dapat tiba dengan drone dalam 40 menit.

Menurut Mulamula, masih banyak jalan yang harus ditempuh. Danau Victoria terbagi antara Tanzania, Uganda dan Kenya, dengan porsi di wilayah Tanzania kira-kira hanya wilayah Rwanda saja. Mulamula mengatakan organisasinya bekerja dengan Bank Dunia dan lembaga-lembaga Tanzania lainnya untuk mempersiapkan fase selanjutnya.

“Kami akan duduk bersama MSD untuk melihat bagaimana kami dapat meluncurkan proyek ini di semua pulau,” katanya.

#Businness  #Article

Related Articles

CCTV Card image cap
  denny  29 June 2018
 29 June 2018
News Card image cap
  andri  4 January 2019
 4 January 2019
CCTV Card image cap
  andri  25 December 2019
 25 December 2019
© 2019 Indo Security System. All Rights Reserved.