Share

Dalam rangka meningkatkan pendapatan melalui pajak kendaraan, beberapa pemerintah daerah telah menerapkan penggunaan teknologi Artificial Intelligence (AI) atau yang dikenal dengan kecerdasan buatan untuk mendeteksi kendaraan yang belum membayar pajak.

Sistem ini mirip seperti e-tilang yang telah diterapkan saat ini, di mana teknologi ini memerlukan seperangkat kamera pengawas yang ditempatkan di ruas jalan untuk mendeteksi plat nomor kendaraan yang melintas, baik itu mobil maupun motor. Plat nomor yang terbaca sistem kemudian dikirim dan dibandingkan dengan data pajak kendaraan bermotor.

Bila kendaraan tersebut terdeteksi belum membayar pajak, sistem secara otomatis akan mengirimkan notifikasi atau pemberitahuan kepada petugas yang sudah ditempatkan tidak jauh dari kamera pemantau. Kemudian petugas di lapangan tersebut dapat melakukan tindakan dengan menghentikan kendaraan yang diduga belum membayar pajak. Setelah itu, petugas kemudian mengkonfirmasi apakah kendaraan tersebut sudah membayar pajak atau belum. Jika belum, bisa langusng menyerahkan tagihan pembayaran pajak kepada pengguna kendaraan.

DKI Jakarta merupakan pemerintah daerah yang sudah pernah melakukan pengujian sistem ini. Dan hasil dari uji coba yang dilakukan di beberapa ruas jalan, diperkirakan potensi mendapatkan pemasukan pajak Pemprov DKI menyampai Rp.114 miliar. Beberapa pemerintah daerah, seperti Pemprov Jawa Barat dan Banten, kabarnya juga sedang menjajaki solusi ini.

Nodeflux selaku pengembang dari solusi pengenalan plat nomor ini, mengaku solusi yang diberi nama  License Plate Recognition ini dapat membaca plat nomor di berbagai kondisi cuaca dan pencahayaan. Bahkan startup yang berfokus pada pengembangan teknologi AI berbasis video ini, mengklaim bahwa sistem yang dikembangkannya hanya membutuhkan waktu kurang dari satu detik untuk membaca plat nomor kendaraan yang melintas.

Diketahui, Nodeflux selama ini telah banyak membantu perusahaan maupun pemerintah daerah dalam pemanfaatan teknologi AI berbasis video. Tahun lalu saja, solusi Nodeflux diterjunkan untuk turut membantu mengamankan perhelatan IMF dan World Bank di Bali dan juga membantu Jasa Marga dalam menyediakan informasi ketersediaan tempat parkir di rest area saat mudik Lebaran.

#Businness  #Article

Related Articles

CCTV Card image cap
Access Control Card image cap
  desy  24 March 2019
 24 March 2019
News Card image cap
  andri  22 November 2019
 22 November 2019
© 2019 Indo Security System. All Rights Reserved.