Share

Covid-19 masih menjadi momok serius bagi masyarakat di Indonesia bahkan dunia. Penyebabnya adalah belum adanya vaksin ataupun obat yang menjadi standar dunia untuk digunakan melawan virus Covid-19. Maka yang dapat dilakukan saat ini adalah dengan menekan penyebaran virus Covid-19, salah satunya dengan melakukan pengukuran suhu tubuh.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, beberapa gejala yang perlu diwaspadai akibat terinfeksi virus corona SARS-CoV-2 yang menyebabkan Covid-19 adalah saat anda mengalami demam, batuk dan sesak napas. Sejak awal wabah Covid-19 ini melanda Wuhan,  gejala yang paling umum dan banyak dialami mencapai 98 persen oleh pasiennya adalah demam tinggi di atas 38,5 derajat Celsius.

Saat ini di beberapa tempat umum seperti bandara, stasiun dan kantor pemerintahan sudah mulai dipasang solusi pengukuran suhu yang akurat dan efektif dengan menggunakan kamera thermal. Adalah PT Bintang Mas Teknologi yang dipercaya oleh Angkasa Pura untuk mengaplikasikan kamera thermal di sejumlah bandara di Indonesia.

Dengan membawa merek HIKVISION, PT Bintang Mas Teknologi sudah mengaplikasikan kamera thermal di sejumlah tempat, antara lain Bandara Juanda Surabaya, Bandara Ahmad Yani Semarang, Bandara Adi Soemarmo Solo, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Lombok NTB, Bandara Sam Ratulangi Manado dan Bandara Sultan Hasanuddin Makasar.

Beberapa waktu yang lalu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo secara khusus meninjau operasional Bandara Ahmad Yani Semarang yang sudah dipasang kamera thermal. “Dan ini adalah monitor (kamera thermal) yang bisa mengecek satu per satu (suhu tubuh). Bagaimana orang terdata di sini, sehingga setiap orang yang masuk protokol kesehatannya kita minta untuk cek termasuk, mereka (pegawai bandara) sudah tahu semua informasi yang akan diterima berapa tamu, dari mana sumbernya, termasuk PMI kita dari luar negeri. Maka check in-nya sudah disiapkan,” ungkap Ganjar.

Tony Tanuwijaya dari PT Bintang Mas Teknologi menjelaskan keunggulan camera thermal dari segi efisiensi dan keamanan. “Pengukuran suhu tubuh menjadi sangat lebih efisien karena dalam waktu yang singkat sudah dapat mendeteksi tubuh setiap orang. Selain itu camera thermal mengukur suhu tubuh secara akurat tanpa kontak fisik, sehingga mengurangi resiko penularan,” jelas Tony.

Lebih lanjut Tony mengatakan bahwa pihaknya senantiasa berusaha mendukung upaya pemerintah dalam upaya menekan laju penyebaran Covid-19 ini. “Kami berusaha menggunakan teknologi yang kami miliki untuk diaplikasikan dalam melakukan deteksi dini gejala Covid-19. Harapan kami dengan adanya camera thermal ini laju penyebaran Covid-19 dapat ditekan, sehingga aktivitas kita bisa kembali normal. PT Bintang Mas Teknologi siap untuk memberikan solusi teknologi terkni di era new normal pasca pandemic Covid-19” pungkas Tony.

#Businness  #Article

Related Articles

CCTV Card image cap
  denny  11 December 2018
 11 December 2018
Access Control Card image cap
  andri  29 March 2019
 29 March 2019
CCTV Card image cap
© 2019 Indo Security System. All Rights Reserved.