Share

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Yuddy Chrisnandi menyarankan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Tengah menerapkan sistem absensi elektronik yang terintegrasi.

Dia menilai sistem absensi ini lebih efektif dalam menanggulangi aksi nakal para Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang kerap datang terlambat atau pulang lebih dulu dari jam kerja semestinya. “Jadi bisa ketahuan dari sini yang datang tepat waktu berapa orang. Yang pulang berapa persen. Dengan adanya seperti itu, pengawasan disiplin lebih efektif karena ada keterbukaan,” ujarnya.

Selain itu, sambung Yuddy, hal tersebut perlu dilakukan sebagai langkah melakukan keterbukaan pelayanan publik, pasalnya  saat ini masih 90 persen instansi pemerintah yang mengunakan absen manual. Karena itu, Menteri mengimbau agar instansi pemerintah melakukan modernisasi sistem absensi.

Sebagai contoh, Yuddy menyebut sistem absensi menggunakan face print yang sudah diterapkan oleh Kabupaten Banyumas layak dijadikan contoh. “Coba lihat dari Banyumas bahkan sudah terkoneksi dengan instansi yang lain” tuntasnya.

#Businness  #Article

Related Articles

News Card image cap
  andri  24 May 2019
 24 May 2019
CCTV Card image cap
  denny  10 June 2018
 10 June 2018
© 2019 Indo Security System. All Rights Reserved.