Share

Tahun 2018 adalah tahun di mana banyak ponsel pintar seri premium mulai mengadopsi media penyimpanan internal 128 GB, jauh dibandingkan tahun sebelumnya ketika seri flaghsip 'hanya' menawarkan 32-64 GB dengan opsi slot kartu penyimpanan. Sebegitu besarnya perkembangan penyimpanan data pengguna di gawai yang diakses ratusan kali sehari dalam genggaman, sehingga perangkat mobile pun dituntut untuk memberikan ruang penyimpanan yang lega. Sebagai perbandingan, hingga 10 tahun lalu, kapasitas penyimpanan di ponsel pintar konsumen yang dianggap sangat besar adalah di kisaran 4 GB.

 

 

Lalu, pernahkah Anda menghitung seberapa sering Anda membuat backup data smartphone Anda setiap tahunnya?

 

Bayangkan sebuah keluarga yang masing-masing anggotanya memiliki 1 buah smartphone berkapasitas 128 GB. Jika ada 4 orang dalam 1 rumah, dalam 1 tahun mereka membutuhkan setidaknya 512 GB ruang di dalam media penyimpanan cadangan mereka. Dilihat dari popularitasnya, external hard disk adalah pilihan favorit untuk pencadangan data, dengan penawaran kapasitas yang popular mulai 500 GB hingga 2 TB. Padahal, external hard disk sejatinya untuk penyimpanan bergerak, dan kurang cocok untuk cadangan data yang sifatnya arsip diam seperti backup data smartphone.

 

Itulah sebabnya beberapa mulai beralih ke hard disk internal, yang kerap digunakan pada desktop ataupun server rumahan. Keunggulan utama dari hard disk internal pada umumnya adalah lebih besarnya kapasitas yang ditawarkan daripada versi eksternal, mengingat eksternal berarti prioritas utama adalah mobilitas.

 

Bicara hard disk, Seagate adalah satu vendor yang berdedikasi di industri ini, bahkan rekam jejaknya di Indonesia sudah melebih satu dekade.

 

Seagate baru saja meluncurkan hard disk internal terbarunya yang berkapasitas paling besar, yakni BarraCuda Pro 14 TB. Dengan kapasitasnya super besar, pengguna tidak perlu takut kehabisan ruang penyimpanan untuk data cadangan mereka. BarraCuda Pro 14 TB pun menawarkan kinerja yang cepat, 7200 RPM dan read/write 250 mbps. Untuk ketenangan hati konsumen, BarraCuda Pro 14 TB ini pun dilengkapi layanan pemulihan data Seagate Recovery Services (SRS) selama 2 tahun.

#Businness  #Article

Related Articles

CCTV Card image cap
  denny  9 May 2017
 9 May 2017
CCTV Card image cap
  denny  28 July 2017
 28 July 2017
CCTV Card image cap
  denny  11 December 2017
 11 December 2017
© 2019 Indo Security System. All Rights Reserved.