Share

Melabuhkan perahu atau kapal pesiar ke dermaga atau dok kapal bukanlah hal yang mudah apalagi bila area yang tersisa cukup sempit hanya tersisa ruang untuk perahu kita saja. Bahkan bagi seorang kapten kapal yang berpengalaman, mengendarai kapal bisa jadi pengalaman yang menegangkan, apalagi bila dibarengi angin kencang dan ombak yang semakin mempersulit mengontrol kapal dan ini kerap menimbulkan kecelakaan docking yang akhirnya membahayakan keselamatan dan menimbulkan kerusakan kapal.

FLIR System tampaknya mengerti kebutuhan tersebut dan mulai meluncurkan sistem assisted docking Raymarine DockSense yang menggunakan teknologi kamera machine vision dan analitik video untuk mengintegrasikan intelligence yang dikumpulkan dari pencitraan di sekitar dengan sistem propulsi dan kemudi kapal agar dapat membantu pengemudi kapal atau pemilik untuk melakukan manuver untuk memondokkan perahunya ke dok yang sempit.

Ini tentunya juga bisa meningkatkan keterampilan mengemudi kapten kapal dengan adanya sistem Bumper Virtual di sekitar kapal. Jadi, jika suatu kapal atau benda lain berhadapan dengan Virtual Bumper, maka DockSense secara otomatis memerintahkan untuk memperbaiki arah kemudi untuk menghindari tabrakan dan membantu kapten dalam mengarahkan kapal ke dermaga.

Selain itu, DockSense juga menggunakan GPS dan AHRS untuk mengimbangi efek angin dan arus agar kapal dapat memasuki dok tanpa masalah atau tabrakan. Sistem Raymarine DockSense juga mencakup beberapa kamera machine vision FLIR, modul prosesor terpusat dan aplikasi DockSense yang berjalan pada tampilan navigasi Axiom Ray marine. Sistem juga terintegrasi dengan joystick propulsi untuk membantu kapten memperlancar perahu merapat ke dok.

Presiden dan CEO FLIR, Jim Cannon, menyebutkan sistem docking ini mewujudkan fokusnya pada solusi dengan menggabungkan navigasi FLIR, machine learning dan teknologi penginderaan. "Terpenting, kami menyatukan inovasi-inovasi ini menjadi solusi sederhana yang mengatasi tantangan utama pelanggan dengan menghilangkan stress saat menaiki kapal dan menjadikan pengalaman berperahu lebih aman dan lebih menyenangkan bagi semua orang di atas kapal."

Dinyatakan juga, bahwa Prestige Yachts, merek Groupe Beneteau, akan menjadi yang pertama yang akan merasakan teknologinya. Ini diharapkan nantinya akan menjadi tolak ukur global dalam menyederhanakan experience berperahu.

#Businness  #Article

Related Articles

News Card image cap
  denny  24 March 2017
 24 March 2017
CCTV Card image cap
  reza  10 October 2016
 10 October 2016
News Card image cap
  denny  30 November 2017
 30 November 2017
© 2019 Indo Security System. All Rights Reserved.