Share

Pameran Elektronik CES 2020 di Las Vegas telah menjadi wadah bagi produsen perangkat elektronik dan teknologi untuk memperkenalkan produk dan inovasi terbaru. Tidak hanya menarik bagi pemain lama, bahkan perusahaan baru pun ikut berkecimpung dalam ajang tahunan ini. Salah satunya, startup IoT asal Italia, DiCEworld yang baru saja berdiri tahun 2018 di Milan.

Di kesempatan ini, DICEworld memperkenalkan sistem rumah pintar DICE berupa hub IoT (Internet of Things) yang mudah dipasang dan digunakan. Kontroler DICE berkomunikasi dengan perangkat elektronik lainnya dan sensor IoT melalui protokol ZigBee dan menerjemahkan data yang dikumpulkan dengan sinyal warna secara real-time.

Bentuknya yang ikonik, DICE menunjukkan evolusi antarmuka pengguna dengan membawa estetika dan keleluasaan. Di mana warna menjadi bahasa universal dan intuitif dalam berinteraksi dan berkomunikasi dengan seluruh rumah. Dalam keterangannya, perangkat menggunakan perubahan cerdas berdasarkan kecerahan dan intensitas warna untuk melaporkan informasi dari sensor yang ada, seperti berikut ini.

Penggunaan energi: kontroler DICE akan bersinar dengan skala kuning sesuai dengan tingkat konsumsi energi rumah yang berbeda secara real-time. Ini akan bersinar kuning-oranye ketika batas daya mencapai maksimum dan ini dimungkinkan untuk melakukan pamadaman listrik.

Kualitas udara: kontroler DICE akan bersinar dalam cahaya biru yang intens bila kualitas udara baik. Cahaya akan memudar ketika konsentrasi CO2 meningkat dan dengan cara yang sama, itu akan berkedip ketika tiba saatnya untuk membuka jendela.

Kesehatan tanaman: kontroler DICE akan bersinar hijau ketika tanaman berada pada tingkat kelembaban yang sesuai. Saat tanaman perlu disiram, lampu hijau akan berkedip.

Peringatan: kontroler DICE dapat melaporkan peringatan khusus kepada pengguna melalui lampu yang berkedip jika terjadi kebocoran atau kebocoran gas (terdeteksi oleh sensor yang berada dilokasi, misalnya, di dekat ketel atau mesin cuci atau mesin pencuci piring).
 
Perangkat dikendalikan melalui gerakan khusus dengan gerakan tangan yang sederhana. Dengan cara ini pengguna dapat memilih informasi KPI dari salah satu sensor yang terhubung, skenario kontrol, mengubah intensitas cahaya dan warna dalam mode lampu.
 
Selain antarmuka pencahayaan yang merupakan bentuk utama interaksi sehari-hari dengan perangkat, pengguna dapat mengakses fungsi tambahan melalui Aplikasi mobile yang tersedia untuk Android dan iOS. Aplikasi juga akan menerima peringatan atau komunikasi lainnya dari perangkat. DiCE juga akan kompatibel dengan voice assistant utama yang saat ini tersedia di pasar.
 
Dengan kontroler DiCE, DiCEworld juga akan meluncurkan DiCE PowerReader, yang menghitung pulse LED dari meteran energi rumah untuk mengetahui konsumsi energi rumah secara real-time. DiCE PowerReader adalah sensor pertama yang dikembangkan oleh DiCEworld, yang mengikuti filosofi perusahaan dalam menciptakan produk "easy play", di mana desain dan kualitas adalah intinya.

Related Articles

News Card image cap
  denny  22 April 2019
 22 April 2019
News Card image cap
  desy  27 July 2016
 27 July 2016
News Card image cap
  denny  13 July 2018
 13 July 2018
© 2019 Indo Security System. All Rights Reserved.