Share

Pembangunan Kota Cerdas di Indonesia telah dilakukan selama beberapa tahun terakhir. Namun, hal tersebut belum terlaksana secara menyeluruh di 98 kota dan 416 kabupaten yang ada di Indonesia. Terkait dengan hal tersebut, PT Napindo Media Ashatama untuk yang ke-4 kalinya akan menyelenggarakan Indonesia International Smart City Expo and Forum (IISMEX) 2020 pada tanggal 9-11 Juni 2020 di Grand City Convex Surabaya yang diharapkan akan mendorong penggunaan teknologi untuk memajukan kota guna mewujudkan tata kelola pemerintahan yang efektif, transparan dan terpercaya.

Pameran dan Forum yang diselenggarakan bersamaan dengan Indo Water,  Indo Waste, Indo Renergy dan Indo Pooltech 2020 Expo & Forum ini, akan mengangkat tema forum ROAD TO EXCELLENT: HUMAN RESOURCES DEVELOPMENT, INNOVATION AND COLLABORATIVE GOVERNANCE” yang akan membahas secara lebih rinci bagaimana daerah membuat rencana, program dan pelaksanaan dari 6 pelayanan dasar wajib yang terdiri dari Urusan Pendidikan, Kesehatan, Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Ketentraman Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat dan Sosial yang harus dilakukan oleh pemerintahan daerah.  Forum tersebut akan membahas prioritas pengembangan kota industri yang akan dikaji oleh para pemangku kebijakan, pelaku industri dan para pakar dari dalam dan luar negeri.

Berlandaskan pada enam pelayanan dasar tersebut, masing-masing kementerian akan memaparkan kebijakan dan program yang berkaitan dengan pembangunan kota cerdas. Dari hasil evaluasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD)  yang telah dilakukan sebelumnya, pada tahun 2020 ini, forum IISMEX Surabaya 2020 akan lebih difokuskan pada diskusi dalam forum kecil, dimana daerah yang telah melaksanakan 6 pelayanan dasar dengan baik dapat berbagi mengenai apa yang telah mereka kerjakan disertai pendapat dari pada pakar dibidang tertentu.      

Forum ini juga akan dihari oleh 350 peserta dari berbagai kalangan, diantaranya: Gubernur, Bupati dan Walikota seluruh Indonesia, dinas-dinas terkait PEMDA di seluruh Indonesia, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan, Asosiasi terkait dengan kota cerdas, peserta pameran, perusahaan lokal dan asing, para ahli dibidang kota cerdas, developer/kontraktor, arsitek, urban planner, konsultan, media, akademisi, kedutaan besar negara-negara sahabat, perbankan dan investor.

Kegiatan ini bertujuan untuk menjadi forum bertaraf internasional yang mempertemukan pelaku bisnis baik dari dalam dan luar negeri untuk bertukar informasi mengenai berbagai aspek dari pelaksanaan dan pengembangan kota cerdas di  Indonesia dan bisa mendorong partisipasi dari para pelaku kota cerdas untuk turut berperan dalam menunjang perkembangan kota cerdas Indonesia.

Selain itu, pameran dan forum terpadu yang didukung penuh oleh kementerian, pemerintah daerah dan asosiasi terkait ini juga akan menampilkan lebih dari 30 teknikal produk presentasi dan berbagai teknologi industri air, air limbah, pengelolaan limbah, energi baru terbarukan, teknologi kota cerdas dan teknologi kolam renang serta memberikan gambaran Indonesia aman dan mampu menjadi tuan rumah bagi penyelenggaraan pameran bertaraf international.

Untuk informasi lebih lanjut, klik www.indowater.com, www.indowaste.com, www.indorenergy.com­, www.iismex.com dan www.indopooltech.com.

Sedangkan apabila tertarik mengambil booth dan ikut seminar, Anda bisa kontak Fhara 0811-1472-260 / farah@smartcityindo.com. Kegiatan ini didukung oleh Asosiasi Pengusaha TIK Nasional (APTIKNAS).

#Businness  #Article

Related Articles

CCTV Card image cap
  denny  3 May 2019
 3 May 2019
News Card image cap
© 2019 Indo Security System. All Rights Reserved.