Share

Produsen truk dan bus asal Swedia, Scania, berhasil mengembangkan truk konsep otonom tanpa kabin yaitu Scania AXL. Para ahli Scania bekerja keras untuk mengembangkan AXL yang menganut sistem modular dalam desainnya.

Seiring dengan tren berbagai industri yang berupaya menyederhanakan pekerjaan pengangkutan dan membuatnya menjadi lebih efisien, truk otonom Scania AXL hadir sebagai alat angkut barang dan material yang dapat berjalan sendiri dengan sistem pengendali jarak jauh.

Penggunaan truk otonom ini lebih diutamakan untuk areal pertambangan dan lokasi-lokasi konstruksi tertutup, karena biasanya lokasi-lokasi tersebut terkontrol dengan baik. Demonstrasi pertama Scania AXL berlangsung pada saat Innovation Day Traton Group beberapa waktu lalu, di pusat demonstrasi Scania di Swedia.

“Dengan truk konsep Scania AXL, kami mengambil suatu langkah signifikan menuju sistem transportasi cerdas pada masa depan, di mana kendaraan yang dapat menyetir sendiri akan memainkan peran yang alami,” kata Presiden dan CEO Scania Henrik Henriksson.

“Kami terus membangun dan menguji coba konsep ini untuk menunjukkan apa yang dapat kami lakukan dengan teknologi saat ini. Scania AXL ini dikendalikan dan di pantau dari ruang kontrol khusus," tambah Henrik.

Mesin yang menggerakkan truk konsep ini adalah perpaduan antara teknologi tradisional dan modern. Dapur pacunya ditenagai oleh diesel biofuel yang terbarukan dan yang terpenting lebih ramah lingkungan.

Fitur-fitur dan desain di balik Scania AXL sangat cocok untuk medan ekstrim di lokasi pertambangan dan lokasi konstruksi. Model baru pada bagian depannya menggantikan model kabin tetapi tanpa menghilangkan ciri khas dari Scania.

Related Articles

Access Control Card image cap
  andri  11 September 2019
 11 September 2019
CCTV Card image cap
  denny  9 May 2017
 9 May 2017
Intrusion System Card image cap
  sawitri.kusumawardani@id.bosch.com  5 May 2017
 5 May 2017
© 2019 Indo Security System. All Rights Reserved.