Share

Angkatan Udara AS/US Air Force berhasil meluncurkan drone berteknologi tinggi X-37B. Menurut Angkatan Udara AS, drone yang menyerupai versi yang lebih kecil dari pesawat ulang-alik berawak yang pensiun oleh program luar angkasa AS pada 2011, diluncurkan dari Cape Canaveral di Florida, Minggu (17/5/2020).

Pesawat nirawak ini akan menghabiskan waktu berbulan-bulan di orbit, melakukan serangkaian percobaan dari jarak jauh. "Selamat atas misi keenam dari pesawat ruang angkasa X-37B yang dapat digunakan kembali," kata Menteri Pertahanan Mark Esper, seperti diberitakan oleh Kontan.co.id.

Melansir South China Morning Post, drone Atlas V yang besar lepas landas dengan gemuruh yang mengguncang bumi pada pukul 09.04 pagi -yang juga dikenal sebagai Orbital Test Vehicle (OTV)- ke luar angkasa.

Sekretaris Angkatan Udara Barbara Barrett menjelaskan pada awal bulan ini, drone pada gilirannya akan menggunakan satelit penelitian kecil yang dijuluki FalconSat-8, untuk melakukan eksperimen tambahan. "Misi X-37B ini akan banyak melakukan eksperimen daripada misi sebelumnya," kata Barrett, yang juga mengepalai Angkatan Udara AS.

Di antara eksperimen yang dilakukan, antara lain: menguji efek radiasi pada biji dan bahan lainnya, dan mengubah tenaga surya menjadi energi gelombang mikro frekuensi radio yang dapat ditransmisikan ke tanah.

X-37B memiliki panjang 29 kaki (9 m), dengan rentang sayap 15 kaki (4,5 m). Pentagon telah menerbitkan foto-foto drone, tetapi hingga kini telah mengungkapkan beberapa detail tentang misi dan kemampuannya.

#Businness  #Article

Related Articles

News Card image cap
  sukron  31 March 2016
 31 March 2016
News Card image cap
  andri  2 December 2019
 2 December 2019
News Card image cap
  desy  13 June 2016
 13 June 2016
© 2019 Indo Security System. All Rights Reserved.